Jumat, 21 Januari 2011

Pneumothorax

Pengobatan Ustadz Galih Gumelar - Paru ditahan terhadap dinding dada oleh tekanan negatif dalam pleura. Jika segel ini pecah paru dapat menyusut atau mengempis (dikenal sebagai pneumothorax). Ini mungkin berhubungan dengan luka tulang rusuk atau ia mungkin terjadi secara spontan. Meskipun umumnya terlihat pada mereka yang tinggi dan kurus, faktor-faktor risiko lain untuk paru yang mengempis termasuk emphysema atau asma. Bleb-bleb kecil atau tempat-tempat yang lemah pada paru dapat pecah dan menyebabkan udara bocor yang memecahkan tekanan negatif.

Presentasi yang paling umum adalah penimbulan yang akut dari nyeri dada yang tajam yang berhubungan dengan sesak napas, dengan tidak adanya penyakit yang mendahuluinya atau peringatan. Pemeriksaan fisik mengungkap pemasukan udara yang berkurang pada sisi yang terpengaruh. X-ray dada mengkonfirmasi diagnosis.

Perawatan tergantung pada besarnya persentase dari paru yang mengempis. Jika jumlahnya kecil dan tanda-tanda vitalnya stabil dengan O2 sat yang normal, pneumothorax mungkin diizinkan untuk mengembang dengan sendirinya dengan pemonitoran yang ketat. Jika ada pengempisan yang lebih besar, tabung dada mungkin harus ditempatkan kedalam ruang pleural melalui dinding dada untuk menghisap udara keluar dan membalikan kembali tekanan negatif. Adakalanya,thoracoscopy (thoraco=dada +scopy=melihat dengan kamera) mungkin dipertimbangkan  untuk mengidentifikasi bleb dan untuk menutup dengan kawat jepret (stapler).

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon