Sabtu, 24 Maret 2012

Inilah Metode Penggunaan Alat Bekam

Metode Penggunaan Alat Bekam
Metode penggunaan peralatan kop

  1. Pemilihan titik sesuai dengan kondisi pasien.
    keterangan:

    • point/titik ashi adalah titik sakit yang paling jelas.
    • memilih titik yang sesuai dengan tanda yang digambar,berbaring dengan posisi punggung diatas(telengkup)garis pusat tubuh manusia,merupakan Ren-Du dua saluran,hanya satu titik yang merupakan garis bujur.Garis bujur yang lainnya adalah susunan simetris,ditandai hanya pada satu sisi bagian tubuh didalam gambar.

  2. Memilih ukuran kop yang tepat pada tempat perawatan berdasarkan kondisi penyakit pasien dan postur tubuh yang bersangkutan,postur tubuh termasuk cara duduk dan berbaring (berbaring telentang,tiarap/telengkup,dan berbaring.
  3. Angkat alat penghisap yang dipasang pada kop sehingga udara dapat masuk.
  4. Hubungkan pistol penekan dengan alat penghisap pada bagian atas kop,pada posisi vertical dan cepat tarik beberapa kali pengungkit pistol sampai otot yang terlihat didalam kop menonjol.
  5. Pada area dimana kop tidak dapat dipasang sendiri oleh pasien (sebagai contoh pada bagian punggung dan bagian bawah punggung)maka dapat menggunakan alat penghubung.
    Pertama-tama ujung yang besar pada pengungkit dihubungkan ke bagian konektor dan bagian konektor dihubungkan ke alat penghisap dan bagian kecilnya dihubungkan ke penekan pistol,kemudian pasangkan ke kop dan siap dipakai. tarik pengungkit pistol beberapa kali sehingga kop dapat menghisap kulit .
  6. Putar pistol ke kiri dan ke kanan,tarik dari kop,kemudian tekan perlahan penutup kop untuk mencegah kebocoran.
  7. Metode pengekopan

    • Lama penggunaan:setelah kop menyedot kulit,biarkan kurang lebih 10 menit,anak-anak kurang lebih 3 menit,anak perempuan 5 menit,wanita 7 menit,kemudian dilepaskan.pengekopan memakan waktu lama pada saat kasus tertentu,ukuran yang fokus dan sakit yang sangat,kulit yang datar dimana otot yang menebal,pada musim dingin.pengekopan membutuhkan waktu yang lebih sedikit pada permukaan yang tepat,dan penyakit kelumpuhan,pada musim panas, dimana kulit menipis,ini adalah metode paling umum untuk penyakit biasa lainnya.
    • Pengekopan dengan mendorong:menggunakan dua efek,sebagai contoh pengekopan dan guansha(menggosok).Sebelum pengekopan oleskan minyak pelicin secukupnya pada kulit,sedotkan kop pada kulit,tarik kop ke depan dan ke belakang sepanjang garis kemudian angkat kop.
      Cara ini biasanya dipakai jika bagian otot yang menebal cukup lebar.pada saat mengunakan cara ini,perhatikan tekanan negatif pada kop yang mungkin dapat mengatur keadaan jasmani pasien seperti daya tahan tubuh terhadap penyakit.
    • Pengekopan sekilas(cepat):tarik kop pada kulit,dengan tiba-tiba lepaskan,kemudian pasang lagi dan lepaskan lagi dengan cepat,lakukan berulang-ulang sampai kulit memerah.cara ini biasany digunakan pada bagian tubuh yang tidak merata sehingga kop mudah lepas atau bagian wajah dimana bekasnya tidak diinginkan.

  8. Pada saat pengobatan selesai angkat alat penghisap untuk melepaskan kop dari kulit.
  9. Waktu pengobatan:Anak-anak 5 hari,dewasa 7 hari,waktu jeda 3 hari dan pengobatan boleh dilanjutkan.
  10. Setelah kop digunakan,kop dilap dengan kapas yang telah diberi alkohol,tidak boleh direndam obat pembasmi kuman atau direbus air mendidih.
  11. Pada saat penggunaan,bila kop tidak menarik kulit,periksa karet hitam apakah menutup dengan benar,atau periksa sambungan pistol dengan kop apakah terlalu kuat atau periksa pistol penekan apakah pada posisi vertical pada kop atau periksa sambungan penekan apakah pengungkitnya terlalu kuat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon