Minggu, 05 September 2010

Gondongan


Pengobatan Galih Gumelar - Gondongan adalah infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur yang disertai dengan rasa nyeri.

Penyebab

Gondongan disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita. Atau karena bersentuhan langsung dengan benda yang sudah terkontaminasi dengan ludah penderita.

Gondongan tidak terlalu menular jika dibandingkan dengan campak atau cacar air. Penyakit ini biasanya menyerang anak diatas usia dua tahun. Jarang ditemukan gondongan pada anak dibawah usia dua tahun.

Gejala

Virus ini biasanya menyerang kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis, sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara, dan organ lainnya.

Gejala yang dapat timbul antara lain menggigil, sakit kepala, nafsu makan berkurang, demam ringan hingga sedang, nyeri ketika menelan atau mengunyah makanan, nyeri testis, pembengkakan kantung buah zakar

Penanganan

Pasien akan diberi makanan lunak karena mengalami gangguan menelan dan mengunyah. Pasien juga disarankan untuk menghindari minuman asam karena dapat menimbulkan nyeri. Daerah pipi dan leher bisa dikompres bergantian dengan suhu panas dan dingin. Untuk mengatasi sakit kepala dan rasa tidak enak badan bisa digunakan obat pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen.

Jika mengalami pembengkakan testis, penderita sebaiknya banyak berbaring. Untuk mengurangi rasa nyeri, bisa dikompres dengan es batu.

Pencegahan

Gondongan bisa dicegah dengan pemberian vaksinasi pada masa kanak-kanak. Pemberian vaksin gondongan biasanya satu paket dengan vaksin campak dan rubella (MMR) yang disuntikkan di otot paha atau lengan atas.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon