Selasa, 10 Februari 2009

Makanan "buruk" Bantu Turunan Berat Badan

Makanan lezat dan menggoda selalu mengintai, khususnya saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan. Tetapi banyak makanan yang dicap tidak bagus untuk diet sebenarnya tidak terlalu buruk.

Berikut beberapa makanan menggoda yang sebenarnya membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan tubuh ideal:

Telur

Kalau berbicara mengenai pola makan sehat, telur selalu menjadi bahan perdebatan. Penelitian terbaru menunjukkan, mengkonsumsi satu telur per hari aman dan bernutrisi bagi orang dewasa dan jika Anda mengkonsumsi telur saat sarapan, maka kesempatan Anda menurunkan berat badan semakin besar.

Alasannya: telur kaya akan protein yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Mengkonsumsi protein di pagi hari membuat perut Anda tetap kenyang, sehingga jumlah makanan Anda berkurang sepanjang hari.

Steak

Selama bertahun-tahun, pakar kesehatan telah mengingatkan kita untuk mengurangi konsumsi daging merah. Tetapi, steak tidak selalu buruk bagi diet. Faktanya, satu potong daging sapi tanpa lemak mengandung lebih sedikit lemak jenuh dari pada dada ayam tanpa kulit dengan ukuran yang sama.

Sama seperti telur, steak kaya protein yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk memperbanyak konsumsi protein tetapi rendah lemak, pilihlah sirloin, daging tanpa lemak serta batasi porsi yang Anda konsumsi hanya sampai seukuran tinju tangan.

Pasta

Daripada menghindari pasta saat diet, lebih baik beralih ke beras murni. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi beberapa takar beras murni per hari cenderung lebih langsing dan lebih bisa mempertahankan berat badan.

Berdasarkan satu studi, mengkonsumsi beras murni daripada beras olahan bisa membantu membakar lemak di perut Anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya lemak tetapi merupakan jenis lemak yang baik. Kacang juga kaya protein dan serat yang dapat menstabilkan gula darah. Pastikan Anda mengkonsumsi beberapa gram lemak dari segenggam penuh kacang. Tetapi, ini akan membantu jika Anda menghindari kue-kue serta makanan manis lainnya.

Bahkan, butter kacang juga bisa menjadi teman diet Anda. Studi-studi telah menunjukkan, mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah kecil dapat mengontrol rasa lapar tanpa menyebabkan penambahan berat badan.

Keju

Orang yang sedang diet seringkali mengurangi jumlah kalori dengan menghindari makanan produk susu yang berkalsium, tetapi beberapa studi menyatakan ini suatu kesalahan. Teorinya, tubuh membakar lebih banyak lemak saat tubuh mendapatkan kalsium yang cukup. Jadi, mengkonsumsi keju, yogurt, serta susu berperan dalam menurunkan berat badan.

Kopi

Kopi akan menjadi minuman yang buruk hanya kalau dicampur dengan krim, gula atau sirup penambah rasa. Mengkonsumsi kopi murni memepercepat metabolisme tanpa menambah lemak dan kalori. Satu studi mengindikasikan, kafein dari dua gelas kopi bisa membantu perempuan dengan berat badan 72.25 kg membakar 50 kalori ekstra selama 4 jam.

Makanan "buruk" dengan porsi "bagus"

Makanan yang dicap "buruk" bisa menjadi bagian dari diet Anda jika Anda mengkonsumsinya dalam porsi kecil. Pada faktanya, pakar diet menasihati agar tidak memusuhi makanan favorit Anda.

Menarik diri dari makanan yang Anda sukai bisa membuat diet Anda gagal. Lebih baik tetap mengkonsumsi maknan favorit dengan cara membatasi porsi. Contohnya, sepotong coklat sehari, dan tetaplah konsisten seperti itu.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon