Selasa, 10 Februari 2009

Kurangi Kalori Tajamkan Memori

Kita sering kali makan mengikuti selera mulut tanpa memperhatikan jumlah kalori. Kita tidak meyadari kalau makan berlebih tidak hanya memicu berbagai penyakit tetapi juga menurunkan ketajaman daya ingat otak.

Menurut para peneliti dari Jerman, mengurangi 1/3 kalori dari jumlah yang Anda makan bisa meningkatkan daya ingat.

Para peneliti membagi partisipan, dengan rata-rata umur 60 tahun, menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menerapkan pola diet seimbang dengan jumlah kalori normal. Kelompok kedua juga menerapkan pola diet seimbang tetapi dengan jumlah asam lemak tidak jenuh yang lebih tinggi, seperti yang dikandung minyak olive dan ikan. Sedangkan kelompok ketiga menerapkan diet dengan jumlah kalori terbatas.

Setelah 3 bulan, kelompok pertama dan kedua memiliki kemampuan memori yang sama, tetapi 50 orang partisipan dalam kelopok ketiga mempunyai kemampuan memori yang lebih baik. Selain itu, mereka juga mengalami perbaikan kesehatan fisik dengan adanya penurunan kadar insulin dan tanda-tanda peradangan yang lebih sedikit.

Menurut para ahli, diet ini menjaga sel otak tetap sehat sehingga meningkatkan kemampuan daya ingat. Mereka menulis:"Menurut sepengetahuan kami, hasil ini menunjukkan bukti penelitian pertama pada manusia bahwa pembatasan jumlah kalori meningkatkan daya ingat orangtua."

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon